SOAL DAN JAWABAN PRAKARYA KELAS 12 ( PDK )

1.   Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.
a.   pemosisian
b.   reposisi
c.   pentargetan
d.   segmentas
e.   marketing mix

2    Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….
a.   gambaran penduduknya
b.  gambaran wilayah / tempatnya
c.   gambaran sifat konsumen
d.   gambaran psikologis
e.   gambaran kebiasaan konsumen

3.   Yang termasuk faktor demografi adalah:
a.   kepribadian
b.   wilayah
c.   sikap
d.   daerah pedesaan
e.   penghasilan

4.   Yang termasuk faktor psikografik adalah:
a.   kepribadian
b.   agama
c.   lokasi daerah
d.   jenis kelamin
e.   kesempatan

5.   Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:
a.   bukan pengguna
b.   pengguna reguler
c.   pengguna potensial
d.   mantan pengguna
e.   pengguna fanatic

6.   Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….
a.   primer
b.   skunder
c.   industri
d.   konsumen
e.   internasional
7.   Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…
a.   komplek
b.   homogen
c.   membingungkan
d.   dinamis
c.   statis

8.   Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …
a.   measurebility
b.   accessibility
c.   substantiality
d.   faesibility
e.   capability

9.   Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analisis ….
a.   faktor
b.   korelasi
c.   regresi
d.   korelasi dan regresi
e.   chi square

10. Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …
a.   produk space
b.   produk preferensi
c.   preferensi
d.   atribut produk
e.   targeting

11.       Jika ada pertanyaan dalam penentuan misi perusahaan  What is value to the customer?  Maka hal ini berhubungan dengan …
a.   jenis usaha
b.   konsumen
c.   pendapatn konsumen
d.   nilai yang dipakai konsumen
e.   konsumen dimasa mendatang

12.       Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui :   Kualitas produk, Teknologi proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …
a.   business domain
b.   business oriented
c.   market oriented
d.   market domain
e.   vision oriented

13.       Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …
a.   survey pasar
b.   segmentasi pasar
c.   pemosisian pasar
d.   menetapkan business domain
e.   melakukan market oriented

14.       Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …
a.   market oriented
b.   segemnatasi pasar
c.   target pasar
d.   positioning pasar
e.   strategi pasar

15.       Untuk evaluasi target pasar diperlukan informasi dan analisis tentang … kecuali
a.   produk yang dipasarkan
b.   strategi marketing mix
c.   kepuasan konsumen
d.   laba perusahaan
e.   kepribadian pemilik perusahaan

16. Meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen merupakan ciri dari strategi target pasar …
a.   market oriented
b.   undifferentiated marketing
c.   concentrated marketing
d.   differentiated marketing
e.   market tergetting

17.       Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah …
a.   market oriented
b.   undifferentiated marketing
c.   concentrated marketing
d.   differentiated marketing
e.   market tergetting

18.       Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalah …
a.   market oriented
b.   undifferentiated marketing
c.   concentrated marketing
d.   differentiated marketing
e.   market tergetting

19.       Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut memiliki fungsi, pelanggan, dijual pada gerai dan memiliki kisaran harga yang sama disebut …
a.   siklus produk
b.   lini produk
c.   item produk
d.   jenis produk
e.  industri produk

20.       Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah …
a.   memutuskan membeli
b.   menetapkan tujuan
c.   menilai sumber
d.   analisis kebutuhan dan keinginan
e.   identifikasi alternatif pembelian

21. Ihktsar  dari seluruh rencana pemasaran yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga memberikan gambaran mengenai hal pokok isis rencana pemasaran disebut …
a.   action program
b.   gambaran situai saat ini
c.   tujuan pemasaran
d.   ringkasan eksekutif
e.   anggaran

22. Inti dari rencana pemasaran adalah …
a.   tujuan pemasaran
b.   manfaat pemasaran
c.   program kegiatan
d.   anggaran
e.   strategi pemasaran

23. Perkiraan mengenai perincian biaya yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran dimasukkan dalam
a.   action program
b.   gambaran situai saat ini
c.   tujuan pemasaran
d.   anggaran
e.   ringkasan eksekutif

24. Perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek memiliki karakteristik …
a.   waktu tak tentu dan objektif
b.   waktu tertentu dan objektif
c.   waktu tak tentu dan subyektif
d.   waktu tertentu dan subyektif
e.   waktu tertentu dan tentative

25. Kegiatan meramalkan atau merencakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ….
a.   evaluation
b.   suportting dokumen
c.   forecasting
d.   planning
e.   actuating

26. Contoh perencanaan yang mempunyai karakteristik  waktu periode tertentu adalah perencanaan ….
a.   jangka pendek
b.   jangka menengah
c.   tahunan
d.   operasional
e.   strategis

27. Rencana jangka pendek yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas disebut perencanaan …
a.   operasional
b.   reaksi
c.   tahunan
d.   dekade
e.   forecasting

28. Pada perusahan consumers good strategi produk dibuat untuk …
a.   memenuhi forecasting
b.   pesanan
c.   disalurkan langsung kepada pembeli
d.   disimpan
e.   diekspor

29. Proses memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan pembeli mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap …
a.   persiapan
b.   penyaringan gagasan
c.   uji coba
d.   komesialisasi
e.   evaluasi
30. Pada langkah_langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …
a.   perencanaan
b.   pengorganisasian
c.   pelaksanaan
d.   action
e.   pengendalian

31. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah …
a.   bauran produksi
b.   marketing mix
c.   segmentting
d.   targetting
e.   positioning

32. Menurut falsafah market oriented kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan  kebutuhan …
a.   pemasaran
b.   manajer
c.   konsumen
d.   pemilik saham
e.   pemerintah dan perundang-undangan

33. Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan:
a.   PVC
b.   LPC
c.   PLC
d.   LC
e.   MCK

34. Dalam penentuan logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan adalah …
a.   dibuat seacara sederhana
b.   dibuat dengan kalimat padat
c.   harus berwarna
d.   harus mudah diingat
e.   bersifat kompleks

35. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …
a.   pelanggan
b.   bentuk
c.   tempat
d.   fungsi
e.   waktu
36. Menetapkan harga rendah di awal penjualan, namun kemudian menaikkan harga jual, merupakan strategi dari …
a.   pricing
b.   skimming price policy
c.   penetration pricing policy
d.   introductory price dealing
e.   dumping

37. Fungsi logistik dalam saluran distribusi meliputi …
a.   menghubungi & berkomunikasi dengan pelanggan
b.   pengangkutan dan penyortiran
c.   penelitian dan pembiayaan
d.   penentuan lay out gedung
e.   pelayanan dan garansi

38. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …
a.   produsen distributor bisnis konsumen industri
b.   produsen pengecer konsumen
c.   produsen konsumen
d.   produsen konsumen industri
e.   produsen grosir pengecer konsumen

39. Untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat,  kegiatan strategi promosi yang dapat  dilakukan adalah ….
a.   iklan
b.   promosi penjualan
c.   publisitas
d.   penjualan pribadi
e.   pemasaran langsung

40. Pada media interaktif internet merupakan komponen utama sehingga media interaktif biasa disebut sebagai pemasaran …
a.   langsung
b.   tidak langsung
c.   face to face
d.   off line
e.   on line









  Dioda zener dapat beroperasi di daerah breakdown tanpa mengalami kerusakan selama …
      a. Pz < batas kemampuan daya
      b. daerah saturasi
      c. Pz = batas kemampuan daya
      d. Pz > batas kemampuan daya
      e. Pz – batas kemampuan daya

 Pada 250c, potensial berier kira-kira sama dengan ... untuk dioda  silicon.
a. 0,1 v
b. 0,7 v
c. 0,8 v
d. 0,5 v
e. 0,9 v

 Apabila gerakan elektron valensi kekanan berarti hole sedang bergerak ke...
A. Kedepan
b. Ikut kekanan
c. Kekiri
d. Kesamping
e. Kebelakang
4.     Salah satu fungsi sikap konsumen …
a. Fungsi keterampilan
b. Fungsi pembelian
c. Fungsi kelakuan
d. Fungsi penjualan
e. Fungsi manfaat
5.     Terjadi ketika konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal, tidak sering atau beresiko, namun melihat sedikit perbedaan antar merk, merupakan tipe...
A. Pembelian kebasaan
b. Pembelian kompleks
c. Pembelian pencarian informasi
d. Pembelian pengurangan desonasi
e. Pembelian sederhana
6.     Diode adalah komponen yang terdapat pada bagian adaptor …
a. Penyearah
b. Input tegangan
c. Filter
d. Kondensator elektrolit
e. Amplifier
7.     Suatu alat yang dibuat untuk berfungsi paling baik berdasarkan kepekaan terhadap cahaya adalah …
a. Foto dioda
b. Zener
c. Schottky
d. LED
e. Seven segmen
8.     Pada dioda junction, sisi-P mempunyai …
a. Banyak elektron
b. 10 hole
c. Sedikit hole
d. Banyak hole
e. Banyak proton
9.     Elco singkatan dari …
a. Elektric Comon
b. Elektric Coefisien
c. Elektrolit condensator
d. Electric component
e. Electronic coefisien
10.  Persyaratan supaya segmentasi efektif, kecuali …
a. Dapat dibedakan
b. Tidak dapat dilakukan tindakan tertetu
c. Terukur
d. Dapat dijangkau
e. Substansial
11.  Dioda yang berfungsi sebagai penala adalah …
a. Rectifier
b. Varactor
c. LED
d. Photo dioda
d. Zenner
12.  Berikut ini pembagian IC berdasar jumlah komponennnya paling banyak dalam satu keping, yaitu …
a. SSI
b. LSI
c. ULSI
d. SNI
e. MSI
13.  Sebuah transformator memiliki jumlah lilitan primer 500 lilitan dan sekunder 250 lilitan. Jika pada lilitan  primer dihubungkan sumber tegangan 200 volt, maka tegangan sekundernya adalah …
a. 660 volt
b. 200 volt
c. 300 volt
d. 250 volt
e. 100 volt
14.  Dengan mengubah – ubah derajat doping dari dioda silikon,maka pabrik dapat menghasilkan dioda zener dengan tegangan breakdown sebesar  :
a. 10 V   d. < 2 V
b. > 200 V                    
e. 10-20 V
c. 2 - 200V
15.  yang termasuk faktor social..
a.      individu
b.     umur dan sikuls hidup
c.      pekerjaan
d.     pengaruh keluarga
e.      kepribadian dan konsep diri

16.  Pada dioda, bila terminal negatif sumber dihubungkan  dengan bahan tipe-n,dan terminal positif dengan bahan tipe-p,hubungan ini disebut dengan :
a. Forward bias.
d. Bias semu
b. Tanpa bias 
e. Bias nyata  
c. Reverse bias
17.  Arus maksimum yang berhubungan dengan batas kemampuan daya pada dioda zener adalah :
a. Izm = Pzm / Vz  
d. Pzm = Izm / Vz 
b. Izm = Vz / Pzm    
e. Pzm = Izm - Vz 
c. Izm = Pzm * Vz
18.  Dioda yang bekerjanya lebih baik pada daerah breakdown adalah dioda :
a. Zener  
d. LED
b. Foto dioda 
e. Seven segmen
c. Schottky
19.  Berikut ini pembagian IC berdasar jumlah komponen, kecuali
a.     MSI
b.     LPI
c.     LIPI
d.     VLSI
e.     SSI
20.  Penggunaan data atau informasi untuk menentukan kejadia pada masa depan, merupakan pengertian dari..
a.      forecast
b.     peramalan
c.      staffing
d.     forecasting
e.      penentuan
21.  Fungsi kapasitor pada rangkaian adaptor adalah
a.      menyimpan arus listrik
b.     menentukan tegangan
c.      meratakan arus
d.     penyearah gelombang
e.      menaikan tegangan
22.  komponen elektronika yang berfungsi untuk membagi arus
a.      resistor
b.     project board
c.      power supply
d.     pengatur suara
e.      speaker
23.  kepuasan konsumen terbagi menjadi2, yaitu..
a.      jiwa dan raga
b.     fungsional dan psikologikal
c.      perasaan dan kebahagiaan
d.     psikologikal dan kepuasaan
e.      materi dan jabatan
24.  mengidentifikasi gejala utama lingkungan dan teknologi perusahaan, merupakan… lingkungan pemasaran
a.      pengertian
b.     tujuan
c.      fungsi
d.     ciri – ciri
e.      ruang lingkup
25.  persyaratan supaya segmentasi efektif, kecuali
a.      dapat dibedakan
b.     tidak dapat dilakukan tindakan tertentu
c.      terukur
d.     dapat dijangkau
e.      substansial
26.  pengertian pasar yang paling tepat adalah
a.      proses interaksi
b.     tempat interaksi pembeli dan pedagang
c.      konsumen dan calon konsumne
d.     produsen dan pedagang
e.      tempat berdagang
27.  pemasaran menyediakan falsafah sebagai pedoman yaitu..
a.      konsep pemasaran
b.     proses pemasaran
c.      rancangan pemasaran
d.     tujuan pemasaran
e.      analisis pemasaran
28.  penguat power amplifier yang paling banyak dijumpai di pasaran dan paling banyak dipakai adalah
a.      Penguat kelas B
b.     Penguat kelas AB
c.      Penguat kelas C
d.     Penguat kelas A
e.      Penguat kelas D
29.  Penguat  power amplifer dengan bentuk gelombang input sama dengan gelombang output adalah
a.      Penguat kelas B
b.     Penguat kelas AB
c.      Penguat kelas C
d.     Penguat kelas A
e.      Penguat kelas D
30.  beberapa peran seseorang dalam memengaruhi sebuah keputusan membeli kecuali
a.      pemrakarsa
b.     penjual
c.      pengguna
d.     pemberi pengaruh
e.      pengambil keputusan
31.  suatu struktur yang berkesinambugan dan saling berinteraksi dari orang-orang peralatan dan prosedur untuk mendistribusikan informasi yang ada, pengertian dari,,
a.      system interaksi perorangan
b.     semua benar
c.      semua salah
d.     system informasi pasar
e.      system informasi perusahaan
32.  menurut kotler ( 2000a:220) terdapat lima peran dalam keputusan pembelian, kecuali..
a.      decision maker
b.     intiator
c.      influencer
d.     seller
e.      buyer
33.  jenis arus yang digunakan sebagai sumber listrik peralatan radio adalah
a.      induksi
b.     electromagnet
c.      DC
d.     Baterai
e.      AC
34. Peran segmentasi pasar dalam marketing, kecuali …
a. Dapat memperluas lapangan pekerjaan dengan menghasilkan daya cipta dan
    kreasi seseorang
b. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai
    kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah
c. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi
    segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar
d. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif
e. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar
35. Kegiatan dan media promosi bergantung dari pasar sasaran yang merupakan target dari promosi tersebut. Promosi produk dapat dilakukan diantaranya dengan mengadakan kegiatan disuatu lokasi, promosi melalui poster atau iklan di media cetak, radio maupun media sosial. Produk rekayasa memiliki keunggulan visual maka pada umumnya tidak memanfaatkan ….
A. radio sebgai media promosi
b. Poster sebagai media promosi
c. Iklan televisi sebagai media promosi
d. Iklan di media cetak sebagai media promosi
e. Media sosial sebagai media promosi
36. Dalam rancangan pembuatan produk rekayasa, kita akan memerlukan biaya produksi antara lain :
(1) Biaya bahan baku
(2) Biaya tenaga kerja
(3) Biaya overhad
Pernyataan yang benar adalah ….
A. 2 dan 3
b. 1 dan 2
c. 1 saja
d. 1 dan 3
e. Semua benar
37. Tahap pelaksanaan kewirausahaan
I. Money
II. Material
III. Man
IV. Mechine
V. Market
VI. Method
Urutan praktek usaha produk rekayasa berdasarkan kebutuhan sumber daya adalah …
a. III, I, II, IV, VI, V
b. I, II, III, IV, V, VI
c. IV, III, I, II, V, VI
d. VI, V, IV, III, II, I
e. III, I, IV, II, VI, V


1. Ada beberapa sumber energi seperti berikut.
I. Air terjun
II. Angin
III. Minyak bumi
IV. Sinar matahari
V. Batu bara
Sumber energi yang merupakan energi alternatif adalah . . . .
a. I, II, dan III
b. I, II, dan IV
c. II, III, dan IV
d. III, IV, dan V

2. Bahan bakar fosil adalah....
a. bahan bakar yang terbuat dari fosil
b. bahan bakar yang dibuat oleh fosil
c. bahan bakar yang digunakan fosil
d. bahan bakar yang mengutamakan fosil


3. Sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah . . . .
a. angin dan panas bumi
b. air dan angin
c. sinar matahari dan panas bumi
d. gelombang laut dan sinar matahari


4. Keuntungan dari energi alternatif adalah....
a. tidak mencemari lingkungan
b. sulit digunakan
c. harganya mahal
d. suatu saat akan habis


5. Pada stasiun pembangkit listrik, air yang dibendung harus....
a. lebih tinggi
b. lebih rendah
c. sama tinggi
d. sama kuat


6. Turbin raksasa di tepi laut dapat menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi . . . .
a. angin
b. sinar matahari
c. garam dalam air laut
d. gelombang laut


7. Perahu layar dapat bergerak dengan memanfaatkan energi alternatif yang berupa . . . .
a. sinar matahari
b. angin
c. aliran air
d. gelombang laut

8. Untuk menghasilkan listrik, pembangkit listrik tenaga panas bumi menghasilkan . . . .
a. arus air
b. uap air
c. gelombang air
d. gemuruh air

9. Sifat energi alternatif adalah . . . .
a. melimpah dan terbarukan
b. cepat habis bila dipakai
c. membahayakan manusia
d. tersedia dalam jumlah yang terbatas

10. Energi yang terkandung di dalam inti bumi adalah....
a. energi gerak
b. energi panas
c. energi potensial
d. energi bunyi

11. Bentuk energi di bawah ini yang akan cepat habis yaitu . . . .
a. air dan angin
b. angin dan sinar matahari
c. minyak tanah dan batu bara
d. sinar matahari dan kayu bakar

12. Kesulitan pemakaian energi dari turbin air yaitu . . . .
a. biaya pembangunan mahal
b. menimbulkan polusi
c. tergantung cuaca
d. cepat habis

13. Kelebihan dari energi alternatif yaitu . . . .
a. mahal
b. tidak cepat habis
c. tergantung cuaca
d. tidak efisien


14. Bahan bakar yang berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan atau minyak hewan disebut....
a. biodisel
b. biogas
c. biofarmaka
d. biologi

15. Indonesia sudah memanfaatkan sumber energi alternatif untuk pembangkit listrik.
Sumber energi alternatif yang paling banyak digunakan yaitu . . . .
a. aliran air
b. embusan angin
c. sinar matahari
d. gelombang laut

1.     Komponen yang terdiri atas baling-baling, generator listrik dan ekor turbin angin disebut...
a.       Kincir angin
b.      Controller
c.       Inverter
d.      Turbin angin
e.      Baterai
2.     Alat yang berfungsi sebagai pengubah jenis arus pada pembangkit listrik energi surya adalah...
a.       Inverter
b.      Regulator
c.       Control panel
d.      Solar cell
e.      Accumulator
3.     Berikut merupakan komponen yang digunakan dalam pembangkit listrik energi surya, kecuali...
a.       Generator
b.      Panel surya
c.       Regulator
d.      Aki
e.      Inverter AC/DC
4.     Berikut ini merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan, kecuali...
a.       Angin
b.      Surya
c.       Air
d.      Batubara
e.      Biogas
  1. Energi yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organic oleh bakteri anaerob disebut...
a.       Methanogen
b.      Hybrid 
c.       Fuel cell
d.      Ethanol
e.      Biogas
  1. Pembangkit listrik energi surya sering disebut juga dengan istilah...
a.       Photosintesis
b.      Photoorganic
c.       Photosurya
d.      Photosolar
e.      Photovoltaic
  1. Berikut ini adalah penunjang keamanan material, kecuali...
a.       Baju kerja
b.      Buku petunjuk penggunaan alat
c.       Helm
d.      Kacamata
e.      Sepatu
  1. Pada pembangkit listrik energi surya, terjadi perubahan listrik...
a.       Arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC)
b.      Arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC)
c.       Arus seri menjadi arus parallel
d.      Arus parallel menjadi arus seri
e.      Arus induksi
9.     Komponen yang mengubah hembusan angin menjadi energi kinetic untuk memutar generator adalah...
a.       Generator
b.      Baling-baling 
c.       Panel control 
d.      Baterai 
e.      Inverter
10.  Arus listrik yang dihasilkan generator disimpan dalam...
a.       Panel control 
b.      Ekor turbin 
c.       Baling – baling 
d.      Baterai  
e.      Inverter

1. Apa yang dimaksud dengan transformstor Step Up..
a.      alat untuk mengubah arus searah DC menjadi arus bolak balik AC
b.     alat untuk menetralkan arus
c.      alat untuk mengubah tegangan bolak balik tinggi menjadi rendah
d.     alat untuk mengubah arus bolak balik AC menjadi arus searah DC

e.      alat yang mengubah tegangan bolak balik rendah menjadi tinggi


SOAL ESAI

1.     Apa yang dimaksud dengan Energi Hybrid, jelaskan ?
Energi hybrid berarti ada penggabungan dua sumber energi dalam satu aplikasi.
Sebagai contoh:
1. mobil hybrid. mobil hybrid memiliki 2 sumber energi untuk menggerakkan roda: bensin dan baterai.
2. Pembangkit listrik hybrid. Pembangkit listrik hybrid umumnya menggunakan dua atau lebih sumber energi terbarukan. Kombinasi bisa didapat dari energi angin+surya, air+surya, angin+air atau angin+air+surya.

2.     Sebutkan komponen – komponen utama pada pembuatan adaptor dan jelaskan fungsi dari tiap komponen tersebut ?
Transistor : sebagai saklar dan penguat arus listrik/tegangan listrik.
·       Rectifier (Penyearah )  : menyearahkan arus AC menjadi DC pada adaptor
·       Filter (Penyaring) Filter : bagian yang berfungsi untuk menyaring atau meratakan sinyal arus yang keluar dari bagian rectifier
·       Voltage Regulator yang berfungsi : mengatur tegangan sehingga tegangan Output tidak dipengaruhi oleh suhu, arus beban dan juga tegangan input yang berasal Output Filter. Voltage Regulator pada umumnya terdiri dari Dioda Zener, Transistor atau IC .

1.     sebutkan  5 jenis energy terbarukan
·       Angin, Angin merupakan salah satu sumber energi yang tak pernah ada habisnya dimanfaatkan untuk  mendorong turbin dari kincir angin untuk menghasilkan listrik
·       Matahari, sumber energi paling penting dalam kehidupan manusia
·       Air, Se air juga energi alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil.  Dimanfaatkan untuk PLTA untuk menghemat sumber daya tak terbarukan.
·       Air Laut Pasang, Pemanfaatan air laut pasang atau gelombang dari air laut ini kian dijadikan sebagai sumber energi terbarukan untuk menghasilkan listrik
·       Panas Bumi, Sumber energi panas bumi atau geothermal sendiri merupakan energi panas dari kerak bumi. 
·       Biofuel, Biofuel merupakan bahan bakar hayati yang dihasilkan dari bahan-bahan organik


2.     Apa yang dimaksud dengan Segmentasi Pasar, jelaskan ?
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.



Komentar

  1. soal dan jawaban pelajaran marketing

    BalasHapus
  2. As stated by Stanford Medical, It's indeed the ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh on average 42 pounds lighter than we do.

    (Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING around "HOW" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", not "what"...

    CLICK this link to find out if this quick test can help you unlock your real weight loss possibility

    BalasHapus
  3. amazing salah banyak gw nyontek disini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN SENI MUSIK

SOAL DAN JAWABAN PKN KELAS 12